apycom.com

Kompetensi

1.      Kompetensi Utama
Kompetensi utama lulusan S-1 PGSD Universitas Kanjuruhan Malang memiliki  kemampuan (a) mengenal secara mendalam peserta didik pada jenjang SD, (b) menguasai lima mata pelajaran utama di SD, baik dari segi substansi dan metodologi keilmuan (disciplinary content knowledge) maupun dari segi pengemasan bidang ilmu menjadi bahan ajar dalam kurikulum SD (paedagogical content knowledge), (c) menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik yang mencakup (i) perancangan program pembelajaran berdasarkan serentetan keputusan situasional, (ii) implementasi program pembelajaran termasuk penyesuaian sambil jalan (mid-course adjustments) berdasarkan on-going transactional decisions berhubung dengan reaksi unik (ideosyncratic response) dari peserta didik terhadap tindakan guru, (iii) melaksanakan assesmen  proses dan hasil pembelajaran, (iv) menggunakan hasil assesmen dalam proses dan hasil pembelajaran dalam rangka perbaikan pengelolaan pembelajaran secara berkelanjutan, kesemuanya itu dengan selalu merujuk kepada ketercapaian tujuan utuh pendidikan sebagai Rujukan Normatif, dan (d) kebiasaan mengembangkan kemampuan profesional secara berkelanjutan.
 
2.      Kompetensi Pendukung
Kompetensi pendukung yang diharapkan dari lulusan S-1 PGSD Universitas Kanjuruhan Malang: (a) mampu menguasai teknologi informasi dengan baik, (b) mampu  membimbing  kepramukaan pada anak usia  SD, (c) mampu menggunakan bahasa Inggris dengan  baik melalui test TOEFL. 
 
Berdasarkan kompetensi utama di atas, kompetensi lulusan S-1 PGSD dapat dijabarkan kedalam kompetensi akademik, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi personal.
 
a.      Kompetensi Akademik
  1. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia di SD.
  2. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan matematika yang mendukung pembelajaran matematika di SD
  3. Mengusai substansi dan metodologi dasar keilmuan Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) yang mendukung pembelajaran IPA di SD
  4. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan Ilmu Pengetahuan Soial ( IPS ) yang mendukung pembelajaran IPS di SD
  5. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan Kewarganegaraan (PKn ) yang mendukung pembelajaran PKn di SD
  6. Menguasai materi ajar lima mata pelajaran ( bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, PKn ) dalam kurikulum SD
  7. Mampu melakukan kegiatan untuk mengembangkan substansi dan metodologi dasar keilmuan lima mata pelajaran SD
  8. Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas PTK )
  9. Menguasai dasar-dasar kegiatan ekstra kurikuler yang mendukung tercapainya tujuan utuh pendidikan peserta didik SD
 
b.      Kompetensi Pedagogik
  1. Menguasai prinsip-prinsip dasar pembelajaran yang mendidik.
  2. Mampu mengembangkan kurikulum dan pembelajaran lima mata pelajaran utama di SD secara kreatif dan inovatif.
  3. Mampu merancang pembelajaran yang mendidik.
  4. Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik.
  5. Mampu menilai proses dan hasil pembelajaran yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan.
  6. Memahami karakteristik anak usia SD dalam penggalan kelompok usia tertentu       ( kelas rendah dan kelas tinggi )
  7. Memahami karakteristik anak usia SD yang membutuhkan penanganan secara khusus.
  8. Memahami latar belakang keluarga dan masyarakat untuk menetapkan kebutuhan belajar anak usia SD dalam konteks kebhinekaan budaya.
  9. Memahami cara belajar dan kesulitan belajar anak usia SD dalam penggalan kelompok usia tertentu (kelas awal dan kelas lanjut).
  10. Mampu mengembangkan potensi peserta didik usia SD.
 
c.       Kompetensi Sosial
  1. Mampu berkomunikasi secara efektif dengan orang tua peserta didik dan masyarakat.
  2. Mampu beradaptasi dengan lingkungan tempat bekerja dalam rangka meningkatkan efektivitas sebagai pendidik.
  3. Mampu bersikap inklusif dan obyektif terhadap peserta didik, teman sejawat, dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran.
  4. Tidak bersikap diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik, dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan status social ekonomi.
  5. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil inovasi pembelajaran kepada komunitas profesi sendiri secara lisan dan tulisan atau bentuk lain. 
 
d.      Kompetensi Personal
  1. Selalu menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
  2. Selalu menampilkan diri sebagai pribadi yang berahlak mulia dan sebagai teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
  3. Selalu berperilaku sebagai pendidik professional.
  4. Mampu mengembangkan diri secara terus menerus sebagai pendidik professional.
  5. Mampu memberikan kontribusi terhadap perkembangan pendidikan di sekolah dan masyarakat.
  6. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.
  7. Mampu menggunakan bahasa Inggris untuk mengembangkan wawasan.