apycom.com

Gadis Berpakaian Yukata, Kenalkan Onigiri dan Sush

(jumat) 30 May 2013

UNIKAMA - Ragam budaya Jepang dan Inggris dipamerkan di Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) kemarin. Ada gadis-gadis mengenakan Yukata, bunga sakura, pohon bambu serta aneka makanan Jepang seperti onigiri dan sushi. Semuanya tersaji dalam sebuah acara bertajuk English Japanese Day persembahan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Unikama.

 

Acara yang digelar di halaman Rektorat Unikama kemarin cukup menyedot perhatian warga kampus. Tak sedikit bahkan yang ingin mengabadikan momen tersebut dan berfoto bersama para mahasiswi yang berdandan ala Jepang. ”Silahkan kalau ada yang mau foto, atau ada yang mau body painting dengan harga murah,” ujar pembawa acara.

Acara pertukaran budaya bertajuk Cross Culture Festival tersebut adalah agenda tahunan mahasiswa FBS Unikama. "Mengenal bahasa belum cukup kalau belum kenal budayanya, ajang ini memfasilitasi mahasiswa dan juga pelajar untuk lebih tahu tentang Jepang dan Inggris," ungkap Ketua Panitia, Roswita Nelviana Bria.

Ada sejumlah stand yang disiapkan oleh panitia. Diantaranya stand Jepang lengkap dengan perniknya. Di stand ini pengunjung bisa berfoto bersama mahasiswi yang mengenakan Yukata. Juga ada pohon permintaan yang menjadi favorit pengunjung. Disamping itu ada pula aneka kuliner yang juga laris diserbu pengunjung.

Agenda tahunan FBS itu kemarin dibuka Wakil Rektor 1 Unikama, Dr. H. Sujito, M.Pd. Mantan dekan FBS ini mengaku bangga dengan kreativitas mahasiswa yang sukses menyuguhkan acara. "Program ini adalah kegiatan perdana setelah suksesi rektor di Unikama,  dan sejalan dengan visi menjadi kampus berwawasan global," ungkap Sujito.

Ia menuturkan ada tiga komponen visi Unikama yaitu berkebudayaan nasional, berdaya saing tinggi dan berwawasan global. Festival budaya ini menurutnya memiliki nilai positif yang melibatkan stakeholder, alumni hingga pelajar. Menjadikan Unikan go internasional menurutnya harus dibangun dengan beberapa hal. Seperti bagaimana mahasiswa memiliki pemikiran internasional, rencana penelitian tingkat internasional, dan kemampuan bahasa asing warga kampus yang terus ditingkatkan.


Sementara Dekan FBS Unikama, Dr. Mujiono menuturkan agenda ini sekaligus menjadi ajang promosi dan mengenalkan Fakultas Bahasa dan Sastra Unikama. Rangkaian acara yang digelar di antaranya education, parade costume, unplugged night, dan cross culture discussing. (dinog)

 


   Berita Terakhir